28 Jan 2011

Investasi Dana Pensiun : Reksadana atau Unitlink?

BerHaRap Hari Tua Yg CeraH...^_^

Setelah brosing-brosing ama mbah google, aku nemu portalreksadana yang membahas perbandingan antara reksadana dan unitlink. APAAN SIH UNITLINK?? tenyata unitlink adalah gabungan produk investasi dan asuransi, misal AXA Mandiri, Prudential, dll. Sedangkan REKSADANA murni investasi tanpa asuransi. Disitu disebutkan sebaiknya antara investasi dan asuransi dipisahkan. Dan dari blognya Ligwina Hananto juga dia menyebutkan seperti ini : Catet, saya Ligwina Hananto TIDAK membeli asuransi unitlink (baca, klik disini). Hmmm.. padahal aku udah 80% tertarik AXA mandiri.

Unitlink (dalam hal ini aku ngomongin AXA mandiri) fee-nya ternyata besar, underperfoming dan kalo asuransi dan investasi digabung hasilnya gak maksimal. Padahal awalnya aku ngerasa produk ini sangat menguntungkan dari tabel yang dikasih ama FA itu, bayangin nabung tiap bulan konstan per bulan misal 500rb, bayar cuma 10 tahun (misal mau cuti premi), tapi ntar 25 tahun lagi pas diambil jumlahnya bisa 1M *or less, lupa*. Tapi ternyata kalo cuti premi kita jadi bayar fee ke 2 tempat : ke asuransi sama ke manager investasi (AXA dan Bank Mandiri ya maxudnya?), dan tampaknya masih banyak hidden fee lainnya.
Ngobrol ama Reksa *namanya aja reksa, pas banget kan nanyain soal reksadana, haha* temenku yang di finance katanya kalo mau ngebandingin unitlink (UL) ama reksadana (RD) bandinginnya dengan produk yang sama. Misal UL saham bandingkan dengan RD saham, UL fixed income bandingin sama RD fixed income juga. Mungkin akan lebih gampang juga kalo bandingin di perusahaan yang sama juga ya? Misal AXA mandiri sama Mandiri Reksadana? Ahh.. aku kan buta soal ginian..
Intinya sih pengennya naro duit Rp.500rban tiap bulan, untuk dinikmati kira-kira 28 tahun lagi. Yang menguntungkan secara nominal tapi nggak pusing ngawasin dan AMAN. Tapi kalo tabungan manfaatnya kecil banget, sedangnya kalo total maen saham gue gak berani. Gimana tuh.. sementara aku kayanya mau ngulik reksadana aja..
Kenapa aku ribut dana pensiun dari sekarang? karena tiga alasan qm financial berikut :
  • Jangan menunda persiapan pensiun Anda.
  • Semakin muda Anda memulai Dana Pensiun, semakin sedikit komitmen investasi yang perlu Anda siapkan untuk Dana Pensiun yang besar ini.
  • Riset menunjukkan untuk mencapai Dana Pensiun tertentu, jika Anda memulai investasi Dana Pensiun sejak usia 25 tahun, Anda hanya perlu berinvestasi sebesar Rp 100ribu per bulan.
Untuk perhitungan berapa dana pensiun yang kita butuhkan bisa donlod disini : http://www.portalreksadana.com/node/138

CoPas dari http://keluargakamil.wordpress.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar